Selasa, 12 Maret 2013

MEMBANGUN LAPANGAN FUTSAL

Posted by Unknown On 20.41
Lapangan Futsal terus dibangun di beberapa kota seiring dengan semakin populernya jenis permainan ini di Indonesia. Futsal sering disebut dengan sepakbola mini dan dimainkan di lapangan futsal dalam gedung/indoor.

Hobi bermain futsal diminati dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.Hal ini menjadi sebuah alternatif peluang usaha baru yaitu membangun lapangan futsal karena prospeknya cukup menjanjikan untuk anda yang memiliki tanah yang cukup luas, dilokasi yang dekat perkantoran dan belum dimanfaatkan.

Keuntungan membuat lapangan futsal ini sangat lumayan, kerena untuk satu jam para pemain futsal harus mengeluarkan uang sekitar 70-140  ribu untuk setiap teamnya, tergantung dari waktu yang dan hari apa saja ia main. Untuk hari-hari biasa dan mulai siang hari sampai sore hari harga bisa murah, namun jika pada malam hari dan hari libur biasanya harga lebih mahal.

Modal:
Modal usaha lapangan futsal lumayan sangat besar namun nantinya akan sebanding dengan pendapatan perharinya. modal usaha futsal perkiraan antara 150-300 juta. Biaya pembuatan lapangan futsal bisa ditekan dan bisa juga diperbesar tergantung dari fasilitas yang nantinya akan digunakan.

Lokasi dan bangunan:
Lokasi sangat menentukan dalam suatu bisnis apapun, jadi pilihlah lokasi yang bisa dijangkau oleh berbagai kalangan, terutama kalangan pelajar SMP dan SMA yaitu di sekitar sekolah, kampus, dan gedung perkantoran.

Lapangan Futsal:
Ukuran luas lapangan futsal yaitu memiliki panjang antara 25-42 meter dan lebar antara 15-25 meter, untuk ukuran lapangan futsal standar international yaitu lebar 18-25 meter dan panjang 38-42 meter. Jadi jika memiliki tanah luas bisa dibuat 2 lapangan futsal dalam satu gedung. Lapangan futsal bisa berbentuk outdoor atau juga indoor, tapi sebaiknya menggunakan lapangan indoor, karena akan menambah kenyamanan para pemain dalam berolahraga futsal.

Luas lapangan
1. Ukuran: panjang 25-43 m x lebar 15-25 m
2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
5. Garis penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang
6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif (M SportCourt interlock multi tiles flooring)

Bahan Lapangan:
Bahan lapangan futsal bisa menggunakan lantai semen yang memiliki harga paling murah, atau bisa juga menggunakan ubin, parkit kayu, dan yang paling mahal adalah menggunakan rumput alami dan sintetis,
ditambah dengan gawang, bola, kawat baja yang digunakan sebagai tiang pada jarring, Spon atau busa yang digunakan sebagai pelindung tembok lapangan untuk mengindari cedera pemain, jika kondisi lapangan berdekatan dengan tembok. Ditambah dengan tempat menunggu, tempat parkir yang cukup luas untuk parkir pengunjung dengan keamanan parkir yang bagus.
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube